Kali ini saya tidak berpromosi, namun hanya sharing tentang Cara Memasang Iklan di Facebook. Kenapa memilih facebook untuk pasang iklan? Alsannya sangat pantas, para pengguna aktif harian Facebook per Desember 2013 mencapai 757 juta orang, atau rata-rata 1.23 miliar pengguna aktif setiap bulannya. Untuk wilayah Indonesia, per Januari 2013 telah menembus angka 50 juta pengguna, tepatnya 50,583 juta atau 80% dari total pengguna internet.
Tak heran jika Facebook dipilih sebagai lahan memasang iklan. Anda yang punya bisnis dan ingin menggenjot omset dengan berpromosi, tak salah jika berencana mempromosikan produknya via Facebook. Tapi bagaimana cara memasang iklan di Facebook? Berikut ini penjelasannya:
Silakan masuk ke akun Facebook Anda terlebih dahulu, kemudian temukan menu Advertising atau Create an ad atau bisa langsung kunjungi halaman advertising facebook. Setelah itu klik tombol Create an Ad.
Selanjutnya pilih model kampanye iklan yang Anda inginkan, ada banyak pilihan yang bisa Anda sesuaikan dengan rencana promosi Anda. Dalam contoh kasus ini saya pilih Clicks to Website, untuk mendapatkan pengunjung langsung ke web.
Di halaman berikutnya Anda diminta untuk memasukkan URL web yang ditargetkan, biarkan sistem memproses URL Anda sampai kemudian Anda dihantarkan ke halaman selanjutnya.
Di halaman baru ini, Anda akan temukan gambar yang terbaca oleh sistem, jika belum unggah gambar yang tepat terlebih dahulu. Di bagian bawah Anda bisa isi headline dan deskripsi iklan, di sini Anda harus perhatikan unsur-unsur yang menggugah dan menarik sehingga target promosi merasa tertarik untuk melakukan klik.
Masih di halaman yang sama, sekarang pasang target iklan yang diinginkan. Ada beberapa opsi yang harus Anda lengkapi, isi kotak Location dengan Indonesia. kotak Age tentukan saja berapa usia target yang kira-kira masuk dalam cakupan konten. Jenis kelamin, pendidikan dan minat target iklan. Di bagian ini Anda harus jeli melihat pasar yang Anda tuju, jika produk yang Anda jual adalah gadget, maka pastikan minat yang Anda pilih mencakup kategori tersebut.
Setelah target iklan terisi dengan benar, sekarang isi negara, mata uang dan juga zona waktu Anda. Di bagian selanjutnya Anda isikan dengan dana yang disediakan untuk menayangkan iklan. Minimal $1 per hari, maksimal tidak terbatas. Untuk bagian Schedule, Anda bisa memilih opsi terus tanpa batasan waktu atau menentukan rentang waktu tertentu saja.
Jika semua opsi sudah terisi, klik tombol Review Order untuk kembali memeriksa iklan, atau jika sudah yakin benar langsung klik Place Order.
Khusus di bagian terakhir ini, Anda mungkin akan menemukan tampilan yang berbeda dengan di tutorial ini, terutama apabila Anda baru pertama kali memasang iklan di Facebook. Biasanya, saat mengklik Review Order Anda akan menemukan 3 opsi pembayaran yaitu via kartu kredit, PayPal dan voucher. Pilih salah satu dan setelah langkah ini selesai baru iklan akan direview oleh tim Facebook sebelum dapat ditayangkan.